08 July 2021 20:21 WIB

Jangan Anggap Enteng, Cairan Radiator Wajib Rutin Dicek

Hyundai Lovers pasti sudah tahu akan pentingnya radiator. Tanpa radiator, mesin mobil tidak akan bisa beroperasi karena suhu panas dapat mendeformasi komponen logam pada mesin. Fungsinya menjaga temperatur mesin untuk tetap berada dalam suhu optimal untuk bekerja.

Radiator sendiri bekerja dengan cairan radiator khusus yang didesain agar tidak menyebabkan korosi, serta memiliki titik didih yang lebih tinggi, ataupun tidak membeku untuk negara yang memiliki iklim dingin.

Kondisi cairan radiator pun terus berubah seiring dengan berjalannya waktu. Untuk itu, ada baiknya cairan radiator selalu dicek agar tetap optimal. Lagipula, cairan radiator sangat mudah untuk dicek.

1. Cek Kuantitas Air Radiator

Hal ini bisa dilihat dengan mengecek tabung reservoir yang biasanya ada di pojokan ruang mesin. Bila kurang, tambahkan dengan cairan serupa ke tabung tersebut. Namun, jangan berlebihan atau melewati batas maksimal agar radiator memiliki ‘ruang bernafas’. Kekurangan cairan sendiri sebenarnya sangat jarang terjadi karena radiator merupakan sistem tertutup. Bila terjadi kekurangan secara signifikan dalam waktu cepat, ada kemungkinan terjadi kebocoran. Jika terjadi, maka segera bawa mobil ke bengkel resmi Hyundai untuk melakukan pengecekan.

2. Kondisi Warna Air Radiator

Kesempatan pengecekan sekaligus kondisi dan warna air radiator. Bila cairan sudah terlihat keruh, ada baiknya melakukan kuras yang tentunya bisa dilakukan pada bengkel resmi Hyundai. Jangan cuek, bila warna air berubah. Bagi pemilik kendaraan yang kerap memeriksa air radiator, jika menemui air radiator berubah warna menjadi coklat atau kekuningan, ini menandakan terjadi masalah korosi di sistem pendingin. Supaya korosi tidak menyebar terlalu parah, pemilik mobil dapat menguras air radiator secara teratur. Penggunaan radiator flush yang banyak terdapat di pasaran juga dapat dilakukan.

 

Dengan hal sederhana tersebut, maka Hyundai Lovers bisa memastikan bahwa kondisi radiator mobil Hyundai-nya dalam kondisi terbaik dan prima untuk digunakan sehari-hari, atau bahkan untuk jarak jauh sekalipun.

 

Share