30 October 2020 14:29 WIB

Transmisi Hyundai Santa Fe Yang Efisien Dan Halus

Dari pertama kali kendaraan bermesin diciptakan, diciptakanlah juga sebuah transmisi untuk menyalurkan tenaga mesin ke roda penggerak. Transmisi bertugas untuk mengubah kecepatan mesin menjadi kecepatan tertentu kepada roda tergantung rasionya untuk memaksimalkan efisiensi.

Ketika mobil mulai menjadi hal yang umum, rata-rata transmisi yang ada merupakan model manual dengan 4 percepatan yang kemudian berevolusi menjadi 5 percepatan dan kini 6 percepatan.

Begitu juga dengan transmisi otomatis dimana kebanyakan memiliki ratio 3 gigi saat pertama kali dikeluarkan dan menjadi 4 yang masih sangat umum beredar. Namun kini, transmisi otomatis bisa memiliki gigi yang lebih banyak.

Seperti pada Hyundai Santa Fe varian diesel contohnya. Pada varian diesel, Hyundai Santa Fe memiliki transmisi 8 percepatan yang memiliki teknologi termutakhir.

Kira-kira, mengapa tren banyaknya gigi terus berlanjut? Apakah benar lebih banyak gigi memberi lebih banyak sisi positif?

Tentunya jawabannya adalah ya, tentu saja. Bila tidak, untuk apa engineer Hyundai susah susah menyatukan mesin Hyundai Santa Fe dengan transmisi 8 percepatan (8-Speed Automatic Shiftronic Transmission)?

Salah satunya adalah efisiensi bahan bakar. Dengan rasio gigi yang semakin besar, mesin bisa bekerja dengan putaran mesin yang lebih rendah dan bekerja pada putaran optimal setiap saat.

Namun, banyak yang beranggapan hal itu mudah didapat dengan mengubah rasio giginya saja. Memang hal tersebut bisa meningkatkan efisiensi bahan bakar asal memiliki rasio yang sama. Tetapi, mesin tidak akan bekerja optimal karena putaran mesin seakan-akan melompat jauh.

Misalnya jika mesin memiliki tenaga penuh pada RPM 4.000, maka mesin sebaiknya terus bekerja pada putaran tersebut dan tidak berpindah jauh. Dengan rasio yang “mepet”, maka hal itu mudah didapat. Namun, dengan rasio yang “longgar”, maka hal tersebut akan sulit dicapai.

Dengan transmisi yang memiliki banyak gigi juga, perpindahan bisa semakin halus karena perubahan pada rasio tidak signifikan. Anggapannya seperti sebuah tangga, antara pilihan banyak anak tangga dengan tinggi yang pendek, atau sedikit tangga namun anak tangganya cukup tinggi untuk mencapai sebuah ketinggian yang sama.

Transmisi ini sendiri sebenarnya tidak sulit dirawat. Sehingga bagi yang mungkin baru ingin bermigrasi dari manual ke otomatis, Anda bisa tenang. Karena, selama Anda selalu merawat mobil dan melakukan servis berkala, maka transmisi penuh teknologi ini tidak akan mengalami kerusakan.

 

Share